August 31, 2013

Sejarah Singkat Linux


Hai semuanya, Andi ingin berbagi lagi nii.. ^_^
tapi kali ini Andi berbagi tentang Linux.
inii Andi catet dari guru Andi.. >.<

Okee deeh, inii dia penjelasannya..


Pendahuluan.
Linux saat ini menjadi acuan dalam penggunaannya sebagai Sistem Operasi untuk Server.

Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, yang bernama Linus Torvalds dari Universitas Helsinki, Firlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa di gunakan untuk mengacu kepada suatu kumpulan lengkap perangkat lunak yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.

Untuk masalah penggunaannya dapat memilih distribusi-distribusi Linux yang telah dikenal misalkan Red Hat, Mandrake (Mandriva), SuSe, Debian, Gentoo, Slackware, dan lain-lain. Perbedaan antara suatu distribusi (distro) yang satu dengan yang lainnya adalah lebih baik. Kepada masalah program-program yang disertakan dan fungsionalitas pemakaiannya, akan tetapi tetap menggunakan kernel sama yang masih dikembangkan oleh Linus bersama komunitas.

Penggunaan Linux.
Linux selain dapat digunakan untuk pengguna rumahan (workstation) dimana Aplikasi serta tampilannya yang sudah sangat ramah dengan pengguna untuk skala pengguna yang lebih khusus di server dapat di klasifikasikan secara sederhana penginplementasinya antara lain sebagai berikut:

*Sebagai Server web, baik itu untuk Eksternal (terhubung dalam jaringan internet) maupun internal (intranet). Contoh Aplikasi: Apache

*Sebagai Server e-mail.
Contoh Aplikasi: Postfix

*Berbagai macam aplikasi Server seperti FTP dan IRC.
Contoh Aplikasi: Proft pd

*Sebagai Server DNS, yang digunakan untuk me-Resolve nama Domain dari LAN Internal ataupun dalam komunikasi jaringan internet.
Contoh Aplikasi: Bind

*Digunakan dalam sistem Clustering, dimana sumber daya lebih dari satu CPU akan digabungkan sehingga tujuan akhirnya adalah membentuk suatu siterm komputer yang lebih kuat dan cepat.
Contoh Aplikasi: Implementasi Beo wulf chustering

*Interaksi dengan sistem operasi lain, dilakukan melalui 3 cara, yaitu kompabilitas jaringan serta emulasi/simulasi sistem operasi
Contoh Aplikasi: VM Ware, Virtual Box

okee deeh sekian dulu yaa.. ^_^
Gomen ne kalau kurang yaa, jangan lupa mampir lagi ke blog Andi lagi..
"Sayonara Minna, semoga bermanfaat"

No comments:

Post a Comment